6 makanan yang dapat mencerdaskan anak. Apa saja itu ?

Selama dua tahun pertama kehidupan, otak Si Kecil tumbuh lebih cepat daripada yang akan terjadi pada waktu lain selama hidupnya. Untuk mempertahankan pertumbuhan yang sangat cepat ini, otak membutuhkan nutrisi tertentu, termasuk lemak sehat, DHA, zat besi, dan nutrisi penting tertentu. Makanan yang Moms pilih dapat membuat perbedaan dalam pembelajaran, pemahaman, dan memori anak.

 Jill Castle, MS, RDN, ahli nutrisi anak dan kontributor situs bundoo.com memberikan enam makanan yang mendukung fungsi dan perkembangan otak Si Kecil. Berikut diantaranya :

1. Blueberi

  Penuh dengan flavonoid, blueberi membantu meningkatkan daya ingat, pembelajaran, dan pemikiran umum. Tak hanya itu, buah ini memperlambat penurunan kemampuan mental yang berkaitan dengan usia. Sertakan buah blueberi pada sereal, dalam salad, yogurt, atau ambil segenggam saja.

2. Zaitun

Makan zaitun secara teratur dapat mengurangi kerusakan otak seiring waktu. Lemak tak jenuh tunggal dalam zaitun digunakan oleh semua sel dan mempromosikan transportasi lebih banyak oksigen ke otak. Moms bisa memberikan zaitun sebagai lauk dalam kotak makan siang Si Kecil, atau sebagai hidangan pembuka sebelum makan malam. Cincang terlebih dahulu zaitun agar tidak tersedak.

3. Kacang

Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer dengan memadamkan elemen perusak sel otak yang disebut radikal bebas. Namun, jika Moms memiliki risiko tinggi terhadap alergi makanan di keluarga, diskusikan waktu memperkenalkan kacang dengan dokter.

4. Ikan

Makan ikan secara teratur memiliki efek pada ukuran otak (massa) dan dapat memperlambat proses penuaan otak. Minyak (lemak omega-3) hadir dalam ikan berlemak meningkatkan pemecahan masalah, konsentrasi, dan memori. Ikan yang dimasak dapat diperkenalkan pada tahun pertama ketika bayi menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk makanan yang lebih bertekstur. Pastikan ikan dimasak dan batasi ikan yang mengandung merkuri.

5. Alpukat

 Alpukat kaya lemak sehat (asam lemak omega-3) yang meningkatkan aliran darah ke otak, yang merupakan cara alami untuk meningkatkan kemampuan otak. Alpukat tumbuk adalah makanan pertama yang bagus untuk bayi. Untuk balita yang lebih tua dan anak-anak prasekolah, tumbuk alpukat pada sandwich sebagai pengganti mayones, potong dadu menjadi makanan jari, atau sajikan alpukat yang dibelah dua dengan sendok dan perasan jus lemon.

 6. Telur

 Anak-anak memiliki pusat memori yang berkembang, yang terbentuk selama 6 tahun pertama kehidupan. Kolin merupakan nutrisi penting dalam proses ini. Satu kuning telur memiliki sekitar 200 miligram kolin, yang memenuhi atau hampir memenuhi kebutuhan anak hingga 8 tahun. Telur juga mengandung zat besi, folat, dan vitamin A dan D (jika ditingkatkan), yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Moms bisa mengolah telur dengan cara di orak-arik, direbus, atau masukkan dalam makanan yang dipanggang.

 Namun Moms, tidak hanya makanan yang penting, aktivitas fisik dan tidur juga merupakan faktor kunci dalam perkembangan otak yang sehat untuk buah hati.

 

sumber : http://nakita.grid.id/read/021281131/rutin-makan-6-makanan-ini-bisa-mencerdaskan-otak-anak-catat-moms?page=all

 

 

Leave a comment