Balita Lap Pipinya Sesaat Setelah Dicium, Ini Penyebabnya Moms !

Si kecil yang lucu dan menggemaskan seringkali membuat orang dewasa tidak tahan untuk mencium pipi mereka. Tapi, pernah tidak Moms melihat si kecil langsung mengelap pipinya setelah dicium? Jika pernah, ternyata ada beberapa faktor penyebab anak melakukan hal tersebut, lho.
Menurut psikolog anak, Fathya Artha Utami, penyebabnya bisa karena anak merasa malu, tidak nyaman dengan sensasi basah setelah dicium, tidak dibiasakan orang tua, atau memang sedang tidak mood untuk terlalu berinteraksi dengan orang lain. Faktor lainnya yang juga disampaikan oleh psikolog anak Ratih Zulhaqqi adalah karena wajah merupakan salah satu area privat bagi anak.
Nah, alangkah baiknya bila ingin mencium si kecil tanyakan dulu padanya boleh dicium atau tidak. Hal ini tidak hanya berlaku pada orang tua saja, namun kepada kerabat lain ketika akan berinteraksi dengan si kecil. Meminta izin pada anak patut untuk dilakukan agar anak tahu dan merasa kita menghargai tubuh mereka. Selain itu, anak juga jadi belajar bahwa tidak sembarangan orang boleh menyentuhnya.
Soal mencium ini prinsipnya sama dengan memukul pantat anak. Seringnya orang dewasa akan memukul pantat anak karena gemas. Tapi sekali lagi, sebaiknya minta izin dahulu karena pantat juga termasuk area pribadi anak ya, Moms.
Dan jangan lupa, perlunya memberi tahu anak tentang empat area pribadi yang ia miliki. Empat area itu adalah mulut, dada, alat kelamin, dan pantat.

sumber : https://www.haibunda.com/aktivitas/d-4092934/balita-langsung-lap-pipinya-yang-dicium-kenapa-ya

Leave a comment