Melatih Motorik Anak dengan Bermain Balon

Ada banyak cara untuk menstimulasi tumbuh kembang motorik pada anak. Salah satu media yang bisa Moms dan Dads gunakan adalah dengan permainan balon. Selain menarik karena warnanya yang beragam, balon juga punya bentuk yang sangat pas untuk membantu si kecil melatih kemampuan motorik kasarnya. Berikut adalah inspirasi permainan balon yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

 

Voli Balon

 

Inspirasi permainan balon pertama yang bisa Moms dan Dads lakukan bersama si kecil adalah permainan voli balon. Permainan ini dapat diterapkan di halaman rumah atau di ruangan yang cukup luas di dalam rumah. Untuk memulai permainan ini, Moms dan Dads hanya perlu menyiapkan balon yang sudah ditiup atau dipompa dengan udara. Lambungkan balon ke udara, kemudian minta si kecil untuk memukul balon ke atas sebelum balon menyentuh tanah. Akan lebih baik lagi jika si kecil dapat mengoper balon ke arah Moms dan Dads. Jika balon si kecil menyentuh tanah, Moms dan Dads bisa mencoret wajah si kecil dengan bedak bayi untuk membuat permainan balon menjadi lebih seru.

 

Lomba Menghias Balon

Agar si kecil lebih bersemangat saat bermain balon, enggak ada salahnya kok untuk mengajaknya menggambar dan menghias balonnya sendiri. Dengan cara ini, Moms dan Dads dapat sekaligus melatih si kecil untuk mengembangkan kemampuan motorik halus, imajinasi, dan kreativitasnya. Untuk melakukan permainan ini, pertama siapkan balon yang sudah ditiup hingga seukuran kepala orang dewasa. Siapkan juga spidol warna warni serta kertas lipat dan lem. Dampingi si kecil untuk menggambar serta menempel beragam hiasan ke balon. Moms dan Dads dapat mengarahkan si kecil untuk menghias balon sesuai tema tertentu, seperti menggambar wajah, pemandangan alam, atau kreasi lain sesuai kreativitasnya. Setelah selesai menghias balon, jangan lupa untuk mengabadikan balon kreasi si kecil, ya. Moms dan Dads dapat pula memajang balon kreasi si kecil di sudut ruangan bermainnya sebagai hiasan.

 

Lempar Target Balon

Kemampuan motorik kasar pada anak berusia di bawah 5 tahun belum berkembang dengan sempurna. Karena itu, Moms dan Dads perlu melatih si kecil supaya kemampuan motorik kasarnya bisa lebih terlatih. Permainan balon selanjutnya yang bisa Moms dan Dads lakukan bersama si kecil adalah permainan lempar target balon. Permainan lempar target balon ini bukan cuma melatih kemampuan motorik kasar pada anak, tapi juga melatih kecerdasan kinestetik, visual, serta konsentrasinya. Anak akan belajar bagaimana cara mengkoordinasikan mata, gerakan tangan, dan memfokuskan pikirannya supaya dapat melempar bola balon ke target yang telah ditentukan. Dalam permainan ini, Moms dan Dads bisa pilih menggunakan air atau tidak. Moms dan Dads dapat memberikan tingkatan skor jika si kecil berhasil mengenai sasaran. Jika si kecil mendapatkan skor tinggi, Moms dan Dads dapat memberikan hadiah untuknya. Bentuk hadiah yang bisa ia dapatkan pun beragam, mulai dari mainan, pelukan, atau waktu bermain yang lebih lama saat weekend.

Nah, itu tadi beberapa inspirasi permainan balon yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Dengan permainan yang tepat, tumbuh kembang si kecil dapat terlatih dengan baik. Selain permainan di luar rumah, Moms dan Dads juga bisa mengasah kemampuan motorik si kecil di dalam rumah dengan menggunakan mainan atau video edukasi.

 

sumber : www.shimajiro.id

gambar : unsplash.com

Tags: anak, keluarga

Leave a comment