Belajar Bahasa Inggris Sambil Main Game ? Ini caranya !

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang pasti digunakan oleh seluruh manusia di dunia. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kita dapat beradaptasi dan bercakap dengan siapa saja dengan mudah ketika berpindah dari negara satu ke negara lainnya. Nah, Moms tidak mau dong si buah hati sulit bergaul karena tidak bisa berbahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris susah ? Eits ! Tidak akan ada kata sulit jika mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan melalui 5 games seru ini !

Berikut contoh games nya moms !

  • What's Missing?

 

Kegunaan permainan ini adalah untuk menghafalkan kosa kata serta gambar yang baru saja dipelajari dalam sebuah cerita atau tema. Cara memainkan game ini sangat mudah. Mintalah anak-anak untuk mengamati dan mencocokkan gambar yang hilang, lalu dilanjutkan dengan menyebutkannya dalam Bahasa Inggris yang benar.

Tanyakan, "What's missing?" kepada salah satu anak kemudian ajukan pertanyaan lanjutan "Is She right?" atau "Is He right?"

Apabila jumlah anak yang bermain banyak, bagi ke dalam dua kelompok. Setiap anak menjawab benar, maka kelompok tersebut mendapatkan poin.

 

  • Hide and Seek

Cara melakukan permainan ini yaitu seorang anak diminta menutup mata, sedangkan teman lainnya menyembunyikan sebuah barang. Kemudian anak tadi diminta kembali dan menerka dimana barang disembunyikan. Pertanyaan yang dapat digunakan adalah :

- "Is it on the cupboard?"

- "Is it under the chair?"

- "Is it behind the table?"

- "Is it beside the chair?

Permainan ini dapat digunakan untuk melatih penggunaan preposition dan kata benda (noun).

 

  • Whisper Race

Untuk melakukan permainan ini yaitu, anak-anak dibagi kedalam beberapa tim. Kemudian salah satu anak dari tim diberi satu kata atau kalimat dalam bahasa Inggris yang harus mereka hafalkan dan membisikan (whisper) kata-kata yang telah dihafalkan tersebut kepada teman di belakangnya. Anak berikutnya harus melakukan hal yang sama sampai anak dibarisan terakhir. Kemudian anak yang terakhir tadi harus menyebutkan dengan lantang kata / kalimat apa yang ia dengar.

Permainan ini sangat bagus untuk melatih kemampuan mendengar dan daya ingat.

 

  • Miming

Dalam melalukan permainan ini perlu ditentukan dulu tema apa yang akan digunakan. Bisa memilih tema profesi, hewan, atau sebuah kegiatan. Pilihlah seorang anak untuk memperagakan tema yang telah ditentukan. Sedangkan teman yang lainnya harus menerka apa yang sedang dia peragakan. Contoh pertanyaannya yaitu: 

- "Is it a snake?"

- "Is it a butterfly?"

- "Are you a doctor?"

- "Are you a policeman?"

Selain menambah kosa kata, permainan ini juga dapat mengundang tawa dari gerakan-gerakan yang dibuat oleh anak-anak tersebut. Pasti seru deh !!

 

  • Crossword Puzzle Games

Game yang satu ini sebenarnya sudah menjadi game yang paling diminati sejak dahulu kala. Dalam bahasa Indonesia, game Crossword Puzzle ini sering kita sebut dengan teka-teki silang. Jadi, tidak perlu ada penjelasan detail lagi ya moms tentang cara memainkan permainan mengasah otak ini. Kita hanya perlu menjawab pertanyaan dan mengisinya di kota-kotak putih dengan jawaban yang sesuai.

Mudah bukan?

 

 

sumber : www.labbahasainggris.co.id

 

Tags: anak, keluarga

Leave a comment